Sejarah, Gerakan dan Jenis-jenis Tarian Tor -Tor Sumatera Utara

Tor Tor Dance adalah tarian meriah yang telah ada selama ratusan tahun. Tarian ini berasal dari Toba Battak, Sumatera Utara. Awalnya, tarian ini adalah acara ritual seperti upacara kematian dan pemulihan dan sebagainya.

Kemudian tarian ini mendapat pengaruh budaya Budha Hindu. Seiring perkembangan zaman, tarian ini tidak hanya digunakan sebagai bentuk perayaan. Tarian Tor Tor sering ditawarkan untuk menghibur orang Batak. Bahkan gerakan dan pakaian yang digunakan sudah mulai menyesuaikan diri menjadi lebih menarik.

Di acara itu, tarian ini mengiringi musik gondang. Yang kemudian akan menyebabkan penari bersuara di lantai.

Tarian ini berasal dari batik yang mengandung makna komunikasi. Selain tarian ini, 3 pesan ritual disampaikan, pesan ini kepada Tuhan

Sejarah Tari Tor Tor

Nama Tor Tor berasal dari Tor Tor, yang merupakan suara penari cap menari di lantai rumah kartu tradisional di Patak. Sejarah tarian ini diyakini sudah ada sejak jaman Batik Lama. Pada saat itu, tarian ini digunakan sebagai persembahan tarian untuk jiwa-jiwa yang mulia.

Togarma Naibaho, penggemar dan pemasok Tor Tor, mengatakan, “Tujuan tarian ini adalah untuk merayakan kematian, panen, pemulihan, dan pesta pemuda. Tarian ini memiliki proses ritual.”

Tor gerakan tari Tor

Gerakan-gerakan yang dimiliki Tor Tor Dance sangat sederhana. Jadi jangan heran jika banyak orang yang mencoba tarian ini untuk pertama kalinya dapat memainkannya segera.

Gerakan tarian ini terbatas pada gerakan tangan ke atas dan ke bawah secara bersamaan dan menginjak-injak kaki setelah menyertai mangga atau gandang.

Menemani tarian

Tarian dari Batak diiringi tawon dari sekelompok alat musik tradisional Sumatera Utara yang disebut Mangondangi. Mangundanji terdiri dari 9 Gundang, Wasim, Terompet Batak Khas, Seruling, Saronit, Pidato, Zordang Zujun, Ogunf, Dal, Oluwan, dan Bangura. Semua instrumen ini dimainkan secara harmonis sehingga menghasilkan musik yang indah.

Persiapan panggung

Tidak seperti tarian lainnya, latar panggung dalam tarian ini sangat memprihatinkan. Fungsi Tor Tor yang merupakan tarian atau media sosial yang membuatnya tidak perlu panggung dan semua aksesorinya. Sehingga para penari bebas untuk bergabung dan menari di halaman besar.

Properti yang digunakan

Fitur yang digunakan dalam Tor Tor Dance bervariasi tergantung pada jamuan dansa yang ditawarkan. Jika Tor Tor Dance adalah tarian religius, properti wajib yang digunakan adalah patung batu. Patung ini akan bergerak sesuai dengan irama musik yang dimainkan ketika diisi dengan bola-bola luhur. Sementara itu, jika Tor Tor Dance diartikan sebagai media hiburan, para penari tidak mengenakan barang apa pun.

Jenis tarian Tor Tor

Jenis tarian Tor Tor sangat beragam, yaitu Tor Tor Pangurason, Tor Tor Sipitu Cawan dan Tor Tor Tunggal Panaluan.

Tor Tor Pangurason (pembersihan)

Tor Tor Pangurason adalah tarian yang digunakan ketika ada pesta besar. Sebelum pesta dimulai, lokasi dan lokasi pesta harus dibersihkan dengan kapur yang cukup terlebih dahulu. Alasannya adalah ini bertujuan untuk menghindari bahaya.

Sipitu Tor Cup Sip

Tor Tor Sipitu Cawan adalah tarian yang digunakan saat pembukaan raja. Tarian ini berasal dari 7 gadis surgawi yang mandi di sebuah danau di puncak Gunung Bossuk Bohit. Ini bertepatan ketika piso sapitu sasarung atau tujuh pisau selubung datang di danau.

Tor Tor Panasolan

Tor Tor Panasulan adalah tarian yang digunakan di desa-desa yang dilanda bencana. Dalam tarian ini, dukun dilakukan untuk mendapatkan instruksi untuk mengatasi masalah.

Info lebih lanjut:
https://mardinata.com/

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>