7 Alat Musik Petik Tradisional

Indonesia sangat dipengaruhi oleh budaya, bahasa dan seni yang kaya. Alat musik dawai tradisional adalah alat musik yang berasal dari seni dan budaya Indonesia. Di bawah ini adalah beberapa jenis alat musik petik tradisional dari berbagai daerah di Indonesia yang dilansir dari situs Trifaris.net

1. Harpa

alat-musik-petik
Harpa

Harpa adalah alat musik gesek yang pertama kali muncul di daerah Sunda Jawa Barat. Kata “kecapi” sendiri berasal dari tanaman yang disebut sentl. Bahan utama alat musik harpa adalah kayu. Ada beberapa cara memainkan harpa, khususnya dengan sintreuk torl, cara diculik dan bagaimana bagian itu dibalik.

2. Sasando

alat-musik-petik
Sasando

Sasando termasuk alat musik gesek yang memainkannya juga menggunakan picking. Alat ini berasal dari wilayah Nusa Tenggara timur, khususnya Pulau Rote. Berdasarkan sejarah, sejak abad ketujuh Masehi, Sasando telah ditafsirkan oleh orang-orang di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Sasando terbuat dari bambu yang kemudian dibentuk menjadi tabung panjang. Sasando ada 2 jenis, yaitu sasando ganda dan sasando di pergelangan kaki, sehingga sekarang ada sasando yang elektrik.

3. Sampek

alat-musik-petik
Sampek

Sampek adalah alat musik kayu, di mana itu adalah alat musik gesek khas Dayak yang dimainkan untuk memetik. Alat asli ini terbuat dari kayu kapur dan kayu ulin. Fungsi alat musik ini adalah iringan prosesi acara tradisional dan iringan tarian tradisional Dayak. Jumlah string dalam pemilih sampek adalah antara 3 dan 6 string.

Awalnya, bahan tali berasal dari ijuk, tetapi sekarang bahan tali terbuat dari benang kecil. Keunikan alat musik ini terletak pada tepinya, ada semacam hiasan atau ciri khas ukiran suku Dayak, yaitu kepala elang.

4. Siter

alat-musik-petik
Siter

Siter adalah salah satu instrumen senar asli di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah. Kipas suara dalam pengasuh berbentuk trapesium dan di bagian atas ada kawat. Pada dasarnya instrumen senar siter ini memiliki kemiripan dengan harpa, bedanya terletak pada cara Anda memainkannya.

5. Saung Gauk

alat-musik-petik
Saung Gauk

Saung Gauk berasal dari daerah Kalimantan selatan. Dilihat dari bentuknya, alat ini memiliki bentuk melengkung dan di sisi leher terdapat semacam hiasan. Saung gauk adalah alat musik gesek yang mirip dengan harpa tradisional yang sangat kuno di benua Asia.

6. Celempung

Celampung adalah alat musik gesek tradisional dari wilayah Jawa Barat. Cara memainkannya hampir seperti instrumen senar lain yang dipilih. Fungsi Celempung adalah alat pelengkap musik gamelan daerah. Keunikan instrumen senar ini adalah bahwa penyetelan senar adalah nada prelog dan nada ramping dari senar lainnya.

7. Hasapi

Hasapi adalah alat musik gesek tradisional yang berasal dari Batak Toba dan sering disebut kecapi Batak karena bentuknya yang sangat mirip dengan kecapi Sunda. Meski begitu Hasapi dan Kecapi adalah dua jenis instrumen senar yang berbeda, mulai dari ukuran hingga jumlah senar. Secara umum, Hasapi terdiri dari dua jenis, yaitu Hasapi Ende dan Hasapi Doal. Hasapi biasanya dimainkan di acara musik selama pernikahan.

Selain alat musik tradisional, alat musik gesek modern juga menjadi populer di Indonesia. Salah satu jenis alat musik modern yang sering kita gunakan, mainkan, dengarkan adalah gitar. Gitar sering merupakan alat musik paling populer.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>